Habibah Nurfauziah, S.Kom, M.Si

Habibah NurfauziahBlog

Pengenalan Koding Dasar Scratch Untuk Anak Usia Sekolah Dasar

Habibah Nurfauziah Nov 24, 2025 10:38 40
Pengenalan Koding Dasar Scratch Untuk Anak Usia Sekolah Dasar

Sekolah Dasar Tahfizh Cahaya Quran memiliki program bernama Bundaku Guruku, dengan tujuan agar anak anak mendapat insight dengan ilmu berbeda tapi mampu menjadi skill bagru bagi anak anak didik. Jumat 3 Oktober 2025, diadakan kegiatan tersebut dengan tema : Koding dasar untu anak usia SD, dengan menggunakan tools program berbasis web yaitu Scrath.

Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan jenis hardware dan software, bagian bagian menu pada scratch, dan mendapat antusiasme yang luar biasa, terlihat dari feedback anak anak terhadap hal yang disampaikan, pertanyaan yang dilontarkan serta kreativitas anak dalam menerapkan dan mengaplikasikan setiap menu dalam scratch.

Scratch adalah aplikasi untuk membuat berbagai proyek kreatif seperti gim, animasi, dan cerita digital dengan mudah serta interaktif. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai mata pelajaran seperti matematika, bahasa, hingga seni. Maka dari itu, Scratch sering kali digunakan oleh anak-anak untuk belajar pemrograman karena penggunaannya hanya perlu drag and drop. Di sisi lain, aplikasi ini juga membuat anak-anak jadi senang karena mereka bebas berkreasi.

Scratch juga memicu rasa ingin tahu dan imajinasi. Anak-anak bisa bebas berkreasi, membuat cerita petualangan, game teka-teki, atau animasi lucu dari karakter favorit mereka. Ini adalah bentuk eksplorasi yang menyenangkan namun tetap edukatif. Selain itu, Scratch mendukung pembelajaran berbasis proyek. Anak-anak bisa merancang proyek sesuai minat mereka, bekerja dalam kelompok, dan membagikan hasil karyanya kepada teman-teman. Ini juga melatih kolaborasi dan komunikasi.

Maka kegiatan bundaku guruku kali ini,  menjadi jalan dalam  meningkatkan kreativitas dan imajinasi, melatih kemampuan berpikir logis serta membantu anak mengembangkan soft skill seperti ketekunan, kerja sama tim, dan komunikasi saat mereka berbagi atau mempresentasikan hasil karya.